From games to social life: examining the effects of traditional games in disaster-prone areas
3
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Permainan Tradisional, Keterampilan Sosial, Daerah Rawan Bencana.

How to Cite

Rahmadhanty, O. Y., Munawar, S. A. R., & Nevitaningrum, N. (2025). From games to social life: examining the effects of traditional games in disaster-prone areas. Sriwijaya Journal of Sport, 4(3), 239-251. https://doi.org/10.55379/sjs.v4i3.33

Abstract

Latar Belakang Masalah: Daerah rawan bencana menghadirkan berbagai tantangan, termasuk dampak psikologis, sosial, dan fisik pada anak-anak. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak tersebut adalah melalui permainan tradisional, yang diyakini mampu meningkatkan keterampilan sosial anak. Tujuan Penelitian: Penelitian 
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan sosial peserta didik sekolah dasar di daerah rawan bencana. Metode: Penelitian menggunakan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest yang dilakukan di Kabupaten Gunung Kidul, DIY yang melibatkan siswa sekolah dasar di wilayah rawan bencana tanah longsor. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan instrumen 
berupa kuesioner Social Skill Rating Scale for Primary School Students-Teacher Form (SSRS-T).  Analisis data dilakukan menggunakan uji t-test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan signifikan pada keterampilan sosial setelah diberikan perlakuan berupa permainan tradisional (nilai p-value 0,000 < 0,05). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional berperan penting dalam meningkatkan keterampilan sosial anak-anak di daerah rawan bencana. Melalui interaksi dalam permainan, anak-anak belajar 
berkomunikasi, bekerja sama, dan menyelesaikan konflik, yang mendukung perkembangan sosial dan emosional mereka. Selain sebagai sarana rekreasi, permainan tradisional juga berfungsi sebagai alat edukatif dan terapi psikososial yang membantu anak-anak menghadapi stres dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Anaitulloh, S., Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2021). Play therapy dengan permainan tradisional “bentengan” efektif meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.26539/teraputik.51607

Anggita, G. M., Ali, M. A., Sugiarto, S., & Mukarromah, S. B. (2020). Erratum: Analisis Pengetahuan dan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar Terhadap Permainan Tradisional. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2). https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.913

Ashar, Sitti Mania, Misykat malik Ibrahim, St. Syamsudduha, Sadaruddin, & Anita Candra Dewi. (2024). The Impact of Traditional Games on Social-Emotional Development: A Comprehensive Review of Existing Research. Journal of Learning and Development Studies, 4(2), 39–51. https://doi.org/10.32996/jlds.2024.4.2.5

Cadamuro, A., Birtel, M. D., Di Bernardo, G. A., Crapolicchio, E., Vezzali, L., & Drury, J. (2021). Resilience in children in the aftermath of disasters: A systematic review and a new perspective on individual, interpersonal, group, and intergroup level factors. Journal of Community and Applied Social Psychology, 31(3), 259–275. https://doi.org/10.1002/casp.2500

Calixto, S. E. M., Paucar, O. M., Maridueña, A. M. B., & Alvarado, E. V. (2024). Traditional games as a pedagogical strategy for the strengthening of cultural values in the community. Retos, 57(2021), 859–865. https://doi.org/10.47197/retos.v57.107996

Ekaputra, M. Z., Amalina, H. N., Augustine, V., & Budiwinarto, A. (2024). Pembentukan komunitas permainan tradisional dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia sekolah. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 251–260. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.9637

Fajarwati, A., Setiawati, E., & Yusdiana, Y. (2023). Mitigasi Bencana Alam Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 9. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.7334

Fakhrurozi, Z. A., Suherman, W. S., Sumarjo, Azzasih, P., Sunaryo, & Humam, M. F. (2024). Experimental Study: The Impact of Traditional Team Games on Gross Motor Locomotor Skills and Social Skills of Elementary School Children. Fizjoterapia Polska, 24(3), 82–88. https://doi.org/10.56984/8zg020a1mg

Gustian, U. (2020). Permainan tradisional: suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14252

Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 32. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4474

Hasni, N., Ni’matuzahroh, N., & Karmiyati, D. (2024). Cublak-cublak Suweng Game: Can it Improve the Socio-emotional Development of Alpha Generation Children? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(2), 173. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v12i2.14413

Karatas, Z., Sag, R., & Arslan, D. (2015). Development of Social Skill Rating Scale for Primary School Students-Teacher Form (SSRS-T) and Analysis of its Psychometric Properties. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 1447–1453. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.093

Mahmudatunnisa, I., Kurniawati, H., Liharsari, A., & Herawati, E. (2024). Permainan Tradisional Estafet Tepung untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 5017–5025. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1670

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Jawa Barat: CV Jejak, 298.

Muhaimin, A., Lubis, J., & Fachrezzy, F. (2024). The Impact of Traditional Games on Physical Fitness and Well-being of Literature Review. South Eastern European Journal of Public Health, 536–544. https://doi.org/10.70135/seejph.vi.1751

Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Parruca, E. (2023). Positive Group Therapy Through Traditional Games with a Positum MGS Approach for Building Resilience Against Trauma in Times of Pandemics, War and Earthquakes: Theoretical Considerations and Practical Applications of “The Witches” Game. The Global Psychotherapist, 3(2), 45–56. https://doi.org/10.52982/lkj198

Peni, T., Ratnaningsih, T., & Indatul Laili, S. (2020). Factors Associated with Development among Children in Flood-Prone Areas in Indonesia Artikel info. IJNHS) International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 3(6), 632–639. http://ijnhs.net/index.php/ijnhs/homehttp://doi.org.10.35654/ijnhs.v3i6.349

Ratnawati, D., & Karsiwan, K. (2024). Eksistensi Permainan Tradisional Tamtam Buku dalam Membentuk Keterampilan Sosial. Aceh Anthropological Journal, 8(1), 80. https://doi.org/10.29103/aaj.v8i1.15874

Sari, D. A. M., & Kurniawan, D. (2024). Pentingnya Pengenalan Permainan Tradisional dalam Menanamkan Nilai Karakter dan Budaya. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(1), 83–92. https://doi.org/10.61404/jimad.v2i1.182

Sie, S. Y., DeIngeniis, D., Aziz, L. Z., Maroko, A. R., & Nomura, Y. (2023). 5.15 The Role In-Utero Superstorm Sandy Exposure Plays on the Association between Minority Proportion and Future Child Social Skills: A Geographic Information Systems (GIS) Approach. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 62(10), S263. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2023.09.339

Sopakua, S., Sahertian, N. L., Mamangsa, A. W., & Revallo, N. (2024). Penerapan Permainan Tradisional Sambil Belajar untuk Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Abdimas Universal, 6(2), 263–272. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v6i2.440

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In ALFABETA, CV. ALFABETA, CV.

Syamsuddin, I. F., Hidayat, Y., & Carsiwan, C. (2024). Effectiveness of Traditional Sports Games in Social Skills Development. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 9(1), 75–81. https://doi.org/10.17509/jpjo.v9i1.68226

Tasnim, A., Damayanti, E., & Afiif, A. (2022). Development of Social Skills with Traditional Games: An Experimentation with the Game Mallogo. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.14421/jga.2022.71-03

Triantoro, D. A., Nafisah, R., Husna, F., Syam, F., Syahrani, R. A., Fitri, A., Asgha, A. Y., Nova, M. A., & Ridha, I. (2023). Enhancing disaster communication literacy based on traditional games among West Aceh students. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(2), 330–343. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8642

Widjanarko, M., & Minnafiah, U. (2018). Pengaruh Pendidikan Bencana Pada Perilaku Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Ecopsy, 5(1), 1. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Oktaviarini Yahya Rahmadhanty, Sayyid Agil Rifqi Munawar, Nevitaningrum Nevitaningrum (Author)

Downloads

Download data is not yet available.